Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2016

Home » Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2016 » Berita » Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2016

Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan 1Dalam rangka upaya peningkatan kualitas Petugas Perbenihan Tanaman Hutan Balai Pengawasan dan  Sertifikasi Mutu  Benih  Kehutanan; Dinas Kehutanan  Provinsi  Bengkulu  menyelenggarakan Pelatihan  Perbenihan Tanaman Hutan se-Provinsi Bengkulu  tahun  2016.

Maksud penyelenggaraan pelatihan perbenihan  tanaman  hutan adalah  sebagai media transfer kebijakan dan Ilmu Pengetahuan bidang perbenihan tanaman hutan kepada para Petugas di Dinas Provinsi,  Kabupaten/ Kota dan Pengada/ pengedar benih / bibit se-Provinsi Bengkulu sehingga memberikan dampak secara teknis terhadap usaha perbenihan tanaman hutan. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan wacana, pengetahuan dan keterampilan Petugas dalam kegiatan Perbenihan Tanaman Hutan serta terbentuknya sumber daya manusia yang mampu menerapkan ilmu dan keterampilan dalam  sertifikasi sumber benih,  mutu benih/bibit tanaman hutan.

Peserta yang hadir sebanyak 35 orang berasal dari Provinsi dan 10 kabupaten/kota meliputi  staf  teknis  yang menangani bidang perbenihan tanaman  hutan  dan beberapa  pengada/pengedar  benih/ bibit  tanaman  kehutanan se  Provinsi  Bengkulu.

Pelatihan diselenggarakan di  Hotel  Splash, Kota  Bengkulu.  Acara pelatihan dibuka tepat pukul 9.30 WIB tanggal 25 Agustus  2016 oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi  Bengkulu  Ir.  Risman Sipayung dan dilanjutkan  dengan pemaparan  materi oleh  narasumber.

Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan 2Dalam  sambutannya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu mengungkapkan pentingnya pelatihan ini dalam rangka pembangunan tanaman hutan yang berkualitas diperlukan benih/bibit yang bermutu, karena mutu benih/bibit merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kuantitas, kualitas dan keseragaman produktivitas tegakan hutan.

Benih/bibit yang beredar di pasaran untuk penanaman saat ini belum seluruhnya mempunyai mutu yang baik, sehingga keberhasilan penanaman pun menjadi rendah. Untuk melindungi konsumen pengguna benih/bibit sehingga benih/bibit yang digunakan dalam kegiatan penanaman adalah benih/bibit yang bermutu, maka diperlukan tenaga-tenaga penguji benih/bibit yang kompeten dalam melakukan pengujian mutu benih. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tenaga dimaksud adalah melalui Pelatihan Perbenihan Tanaman  Hutan. Secara keseluruhan peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan, baik pada saat diskusi maupun pada  saat  melakukan  praktek lapangan.

Pelatihan Perbenihan Tanaman Hutan 3Pada akhirnya dengan adanya pelatihan  ini dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan perbenihan tanaman hutan di Provinsi Bengkulu, tentu saja didukung oleh berbagai pihak serta dapat terwujud peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tindak lanjut dari pelatihan teknis ini, kita mampu menjalankan kegiatan perbenihan tanaman hutan secara mandiri, mampu mempersiapkan organisasi, kebijakan, penguatan kelembagaan, menginventarisasi potensi dan permasalahan serta merumuskan upaya solusinya  serta dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan Perbenihan Tanaman Hutan Nasional.