Profil Laboratorium Lingkungan

UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu beralamat di Jalan Pembagunan Nomor 1 Padang Harapan Bengkulu.  Dibentuk pada tahun 2008 berdasarkan Peraturan Gubernur Bengkulu No 22 tahun 2008 dengan nama UPTD Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bengkulu. Sekarang berganti nama menjadi UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkunga Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu berdasakan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 36 Tahun 2017 Tentang Pembentukan Organisasi, Kedudukan, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu.

 

UPTD Laboratorium Lingkungan DLHK Provinsi Bengkulu telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2015 dengan nomor akreditasi LP – 906 – IDN dan telah terigistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor No. Registrasi 0086/LPJ/LAB – LING – J/LRK/KLH yang berakhir pada 20 Mei 2019 . dan setelah reakreditasi UPTD Laboratorium Lingkugan DLHK Provinsi Bengkulu ditetapkan sebagai Laboratorium Lingkungan terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 untuk kedua kalinya tepatnya tanggal 27 Juni 2019 dengan periode akreditasi dari tanggal 27 Juni 2019 s.d 26 Juni 2024.

  1. UPTD Laboratorium Lingkungan DLHK Provinsi Bengkulu mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan sebagian kewenangan desentralisasi dan tugas dekonsentrasi Dinas serta melaksanakan kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang yang berada di bawah kewenangan Dinas
  2. UPTD Laboratorium Lingkungan DLHK Provinsi Bengkulu menyelenggarakan fungsi:
  3. Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis operasional;
  4. Pelaksanaan pengkajian dan analisis teknis operasional dan/atau teknis penunjang;
  5. Pelaksanaan pengujian dan penerapan teknologi;
  6. Pelaksanaan kebijakan teknis teknis laboratorium lingkungan dan
  7. Pelaksanaan administrasi.

Sebagai Laboratorium Lingkungan yang dibina oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, UPTD laboratorium juga mempunyai tupoksi :

  1. Pembinaan laboratorium lingkungan kab/
  2. Pelaksanaan uji profisiensi parameter kualitas lingkungan
  3. Kalibrasi peralatan
  4. Pengembangan metode uji parameter lingkungan
  5. Pengambilan dan pengujian sampel dalam rangka :
  • Penanganan kasus lingkungan
  • Pelayanan jasa laboratoriu lingkungan
  • Pengawasan penaatan meliputi : Proper, Amdal, UKL/UPL, Izin Lingkungan
  • Pemantauan lingkungan dan pemantauan kualitas lingkungan (kualitas air, udara, tanah dan kebisingan)

Tab Content